Sejarah Wing Chun IP Man

Yim Wing Chun (Yan Yon Chun) merupakan Tokoh terpenting dalam banyak legenda terutama Kungfu Aliran Wing Chun. Beberapa sumber mengatakan bahwa Yim Wing Chun memang mempelajari Wing Chun Kuen dari ayahnya bernama Yim Yee. Sumber lain juga mengatakan bahwa Yim Wing Chun memang belajar bela diri sejak kecil dari ayahnya, tapi yang dia pelajari adalah She Quan (Jurus Ular) dan Bai He Quan (Jurus Bangau Putih). Versi ini mengatakan bahwa ayah Yim Wing Chun adalah seorang murid dari Siu Lam bernama Yim Sei. Suatu hari saat sedang mencuci pakaian di sungai, Wing Chun menyaksikan perkelahian antara seekor ular dan bangau. Kejadian itu memberi inspirasi pada Wing Chun untuk memodifikasi teknik bela dirinya agar sesuai bagi dirinya yang seorang wanita. 

Cerita lain tentang Wing Chun yang paling terkenal adalah versi dari IP Man. Kisahnya dimulai saat seorang Biksuni bernama Ng Mui berpergian ke desa Yunnan, persembunyiannya di kuil Bangau Putih. Selama beberapa kali berkunjung, Ng Mui berkenalan dengan seorang tukang tahu bernama Yim Yee dan putrinya Yim Wing Chun. Suatu ketika Ng Mui kembali ke desa Yunan, ia menemukan Wing Chun sedang menangis. Dari gadis muda ini ia mendengar bahwa seseorang gengster setempat beberapa hari yang lalu datang untuk memperistri dirinya. Gengster itu bersumpah untuk menjadikan Wing Chun sebagai istrinya dengan cara apapun.

Mendengar kesedihan gadis muda ini, awalnya Ng Mui berniat melawan penjahat itu sendiri, namun kemudian ia sadar bahwa perbuatannya itu dapat membuat keberadaanya tercium oleh tentara Qing yang sedang mencarinya . Akhirinya Ng Mui menemukan cara lain untuk membantu Wing Chun. Ia pun memutuskan untuk mengajari Wing Chun ilmu bela diri yang dapat digunakan untuk melawan penjahat. Ng Mui tidak dapat melatih Wing Chun dengan metode biasa yang bisa memakan waktu bertahun-tahun. Ng Mui memutuskan untuk mengajari Wing Chun teknik-teknik pilihan yang paling sederhana, langsung, efektif dan efisien.

Hal ini dilakukan agar Wing Chun dapat menggunakannya untuk mengalahkan lelaki yang lebih besar, kuat dan berpengalaman. Yim Wing Chun berlatih dengan sangat keras hingga betul-betul menguasai semua teknik yang diberikan oleh gurunya itu. Saat penjahat kembali ke desa, Wing Chun telah siap menghadapinya. Penjahat itu dengan mudah dikalahkan dan meninggalkan desa tersebut. 

Wing Chun menikah pada tahun 1810 dengan Leung Bok Cho dan menurunkan teknik kungfu ini kepada suaminya, Leung Bok Cho mengajarkan teknik kungfu tersebut kepada Leung Lan Kwai, Leung Yee Tai, Wong Wah Bo, dan murid lainnya. Leung Yee Tai dan Wong Wah Bo menurunkannya kepada Leung Jan, yang kemudian menjadi seorang pendekar dan tabib terkenal. Leung Jan menurunkan teknik kungfu Wing Chun kepada Anaknya Leung Bik dan muridnya yang bernama Chan Wah Shun. Ip Man belajar teknik kungfu Wing Chun kepada Chan Wah Shun, kemudian belajar kepada Leung Bik semasa Ip Man muda sekolah di Hongkong (tahun 1941).

(Sumber : Buku Teknik dan Kunci Dasar Wing Chun Tarsdisional IP Man, Martin Kusuma)